Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sumber sejarah adalah sesuatu yang secara langsung atau tidak langsung memberikan informasi tentang

Sumber sejarah adalah sesuatu yang secara langsung atau tidak langsung memberikan informasi tentang fenomena atau peristiwa pada masa lalu. Sumber sejarah merupakan bahan utama yang dipakai untuk mengumpulkan informasi berkaitan dengan subjek sejarah. Tidak semua benda, dokumen, atau informasi yang ditemukan sejarawan dapat menjadi sumber sejarah. Buatlah kliping tentang sumber-sumber sejarah!

Jawab:

Sumber sejarah dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sumber sejarah berdasarkan sifatnya dan sumber sejarah berdasar- kan bentuknya.

1. Sumber sejarah berdasarkan sifatnya meliputi sumber primer/sumber pertama, sumber sekunder, dan sumber tersier.

2. Sumber sejarah berdasarkan bentuknya dibedakan menjadi sumber benda/artefak, sumber tertulis/tekstual, dan sumber lisan.

Berikut contoh hasilnya.

Gambar tersebut adalah contoh sumber sejarah berdasarkan bentuknya (sumber tertulis). Gambar tersebut adalah Prasasti Karang Berahi yang merupakan sumber sejarah Kerajaan Sriwijaya. Prasasti berisi keterangan tentang penguasaan Sriwijaya atas daerah Jambi. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Sumber sejarah adalah sesuatu yang secara langsung atau tidak langsung memberikan informasi tentang"