Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain di Indonesia, jejak manusia purba juga ditemukan di tempat lain, seperti di Afrika, Asia, dan Eropa

Selain di Indonesia, jejak manusia purba juga ditemukan di tempat lain, seperti di Afrika, Asia, dan Eropa. Buatlah kliping tentang manusia purba di Afrika, Asia, dan Eropa! Kemudian, analisislah setiap kliping tersebut!

Jawab:

1. Jenis-jenis manusia purba di Afrika antara lain Homo ergaster, Australopithecus afarensis, Australopithecus africanus, Ardipithecus ramidus, Australopithecus robustus, Homo rhodesiensis atau Homo africanus, Orrorin tugonensis, dan Homo rudolfensis

2. Jenis-jenis manusia purba di Asia antara lain Sinanthropus pekinensis atau Pithecanthropus pekinensis dan Sinanthropus lantianensis atau Pithecanthropus lantianensis

3. Jenis manusia purba di Eropa antara lain Homo heidelbergensis, Homo neanderthalensis, dan Homo cro magnon

Berikut contoh hasilnya. 

Homo rhodesiensis atau Homo africanus adalah manusia Rhodesia. Pada tahun 1921 fosil tempurung kepala Homo rhodesiensis ditemukan pertama kali oleh seorang penambang timah di Gua Broken Hill, Rhodesia bernama Tom Zwiggler. Penemuan Tom tersebut kemudian diteliti lebih lanjut oleh dua arkeolog yaitu Raymond Dart dan Robert Broom. Dalam penelitiannya kedua arkeolog tersebut menemukan tulang paha, rahang bawah, dan tulang kering. Selanjutnya, mereka menyimpulkan bahwa Homo rhodesiensis merupakan nenek moyang bangsa Afrika dari ras Negroid. Homo rhodesiensis hidup pada 300–125 ribu tahun lalu dan diperkirakan memiliki karakteristik kehidupan lebih maju dibandingkan manusia purba jenis Australopithecus africanus. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Selain di Indonesia, jejak manusia purba juga ditemukan di tempat lain, seperti di Afrika, Asia, dan Eropa"