Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seringnya publik mengucilkan kehidupan pasien AIDS dikarenakan pemikiran pendek dan menganggap

Seringnya publik mengucilkan kehidupan pasien AIDS dikarenakan pemikiran pendek dan menganggap pasien AIDS tidak berhak hidup. Stigma dan diskriminasi di antara sebagian besar masyarakat akan terus-menerus marak jika tidak diimbangi dengan informasi dan pengetahuan yang memadai.

Stigma negatif selalu dijadikan senjata. utama untuk mengucilkan para penderita AIDS. Hal tersebutlah yang membuat jurang diskriminasi semakin dalam. Banyak penderita AIDS yang akhirnya menarik diri dari masyarakat karena merasa dikucilkan dan tidak mendapat hak yang sama dengan warga negara lainnya. Tindakan penderita AIDS yang akhirnya menarik diri dari masyarakat merupakan bentuk ....

   A. rebellion

   B. anomie

   C. retreatisme

   D. inovation

   E. conformity

Pembahasan:

Menurut Merton, retreatisme adalah tindakan menarik diri dari masyarakat luas karena merasa nilai-nilai yang dianut masyarakat tidak sesuai dengan nilai yang dianut oleh individu.

Dalam kasus ini publik mengucilkan kehidupan pasien AIDS dikarenakan menganggap pasien AIDS tidak berhak hidup, padahal jika masyarakat terbuka dengan informasi dan mengubah pola pikir penderita AIDS adalah warga negara yang mempunyai hak yang sama dengan masyarakat lainnya. 

Jawaban: C

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Seringnya publik mengucilkan kehidupan pasien AIDS dikarenakan pemikiran pendek dan menganggap"