Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perang Dunia II berlangsung antara tahun 1939-1945. Perang Dunia II bisa disebut sebagai perang

Perang Dunia II berlangsung antara tahun 1939-1945. Perang Dunia II bisa disebut sebagai perang terbesar dalam sejarah umat manusia sampai saat ini. Adanya Perang Dunia II telah mengubah seluruh tatanan kehidupan umat manusia. Carilah Informasi tentang Perang Dunia II. Kemudian, buatlah artikel tentang pengaruh Perang Dunia I di Indonesia!

Jawab:

Langsung masuk ke isi Makalah!

Ada dua sebab (umum dan khusus) yang memengaruhi meletusnya Perang Dunia II.

A. Sebab Umum Meletusnya Perang Dunia II. 

  1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa dalam menjalankan tugasnya. 
  2. Munculnya politik aliansi (politik mencari kawan). 
  3. Kekacauan dalam bidang ekonomi. 
  4. Munculnya paham ultranasionalisme (nasionalisme yang berlebihan). 
  5. Jerman tidak lagi mengakui Perjanjian Versailles. 

B. Sebab Khusus Meletusnya Perang Dunia II. Sebab khusus meletusnya Perang Dunia II terjadi di dua kawasan, yaitu di kawasan Eropa dan kawasan Asia Pasifik. 

  1. Sebab khusus terjadinya Perang Dunia II di kawasan Eropa yaitu serangan kilat (blitzkring) yang dilakukan Jerman atas Polandia pada tanggal 1 September 1939. Alasan penyerangan Jerman tersebut adalah untuk merebut kembali kota Danzig (penduduknya bangsa Jerman). Dalam waktu yang singkat sebagian besar Polandia dikuasai Jerman. 
  2. Sebab khusus terjadinya Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik yaitu penyerbuan Jepang terhadap pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour pada tanggal 7 Desember 1941. 

Bagi bangsa Indonesia, Perang Dunia II membawa pengaruh positif. Sejak tahun 1942 bangsa Indonesia di bawah pendudukan Jepang. Keberhasilan Jepang meng- hancurkan militer Amerika Serikat tanggal 7 Desember 1941 di Pearl Harbour membuka jalan bagi Jepang untuk menguasai kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Jepang menguasai Indonesia sekitar 3,5 tahun. Jepang berhasil memobilisasi orang Indonesia untuk kepentingan perang. Menjelang tahun 1945 dalam Perang Dunia II Jepang mengalami penurunan. Jepang menerapkan berbagai ke- bijakan, seperti membentuk Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Setelah Sekutu menjatuhkan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki tanggal 6 dan 9 Agustus 1945 konsentrasi Jepang menjadi terpecah. Selanjutnya Jepang menyerah kepada Sekutu pada tanggal 14 Agustus 1945. Kekalahan Jepang tersebut mengakibatkan di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan. Hal tersebut segera dimanfaatkan untuk memproklamasikan kemerdekaan.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Perang Dunia II berlangsung antara tahun 1939-1945. Perang Dunia II bisa disebut sebagai perang"