Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nasionalisme secara luas dapat diartikan sebagai suatu sikap politik dan sosial dari kelompok-kelompok

Nasionalisme secara luas dapat diartikan sebagai suatu sikap politik dan sosial dari kelompok-kelompok suatu bangsa yang memiliki kesamaan kebudayaan, bahasa, dan wilayah, serta kesamaan cita-cita dan tujuan. Analisislah pengaruh nasionalisme di Indonesia!

Jawab:

Nasionalisme di Indonesia tumbuh pertama kali di kalangan kaum terpelajar. Berikut latar belakang kesadaran akan nasionalisme Indonesia. 

  1. Kalangan terpelajar dari berbagai daerah menyadari persamaan nasib sebagai jajahan Belanda. 
  2. Persamaan nasib tersebut kemudian memunculkan tekad untuk merdeka sebagai suatu bangsa. 

Dalam memperjuangkan kemerdekaan, bangsa Indonesia menghadapi beberapa kendala. Hal tersebut disebabkan oleh faktor berikut. 

  1. Politik kolonialisme Belanda sudah tertanam lama di tengah kehidupan masyarakat Indonesia. 
  2. Tidak semua rakyat Indonesia mau merdeka, terutama yang merasakan keuntungan dari pemerintah kolonial. 
  3. Sebagian besar masyarakat Indonesia belum menyadari kedudukannya sebagai suatu bangsa (masih terikat daerah masing-masing).

Untuk mengatasi kendala tersebut, mereka mempelajari berbagai buku mengenai demokrasi dan nasionalisme disertai dengan tetap menumbuhkan kesadaran kebangsaan pada rakyat Indonesia. Selain hal tersebut, mereka juga mengamati gerakan nasionalisme yang tumbuh di Eropa, Asia, Afrika, dan Amerika. Melalui kegiatan belajar dan mengamati tersebut, kalangan terpelajar memutuskan membentuk organisasi kebangsaan yaitu organisasi yang melepaskan diri dari sifat kedaerahan. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Nasionalisme secara luas dapat diartikan sebagai suatu sikap politik dan sosial dari kelompok-kelompok"