Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pada masa Perang Dingin muncul beberapa aliansi pertahanan keamanan untuk saling melindungi sesama

Pada masa Perang Dingin muncul beberapa aliansi pertahanan keamanan untuk saling melindungi sesama anggota dan menjaga pertahanan dan keamanan di suatu kawasan dari ancaman agresi blok lawan. Oleh karena itulah muncul pakta-pakta pertahanan atau organisasi militer regional dan global, seperti NATO, SEATO, Pakta Warsawa, CENTO, dan ANSUS. Analisislah pengaruh organisasi militer regional dan global terhadap Indonesia!

Jawab:

Keberadaan organisasi-organisasi militer seperti NATO, SEATO, CENTO, ANZUS, dan Pakta Warsawa memengaruhi sikap politik Indonesia. Dengan banyaknya oganisasi militer tersebut, Indonesia memilih menerapkan sikap politik bebas aktif dengan cara tidak bergabung dengan organisasi militer mana pun.

Meskipun tidak bergabung dengan organisasi militer mana pun, Indonesia tetap mendukung tujuan baik setiap organisasi militer regional dan global dalam mewujudkan perdamaian dunia. Indonesia mendukung tujuan SEATO menjaga agar paham komunis tidak berkuasa di Indonesia.

Indonesia juga mendukung tujuan Pakta Warsawa agar tidak terpengaruh oleh paham kapital. Adapun bukti dukungan tersebut diwujudkan dengan bersikap netral terhadap Blok Barat maupun Blok Timur. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Pada masa Perang Dingin muncul beberapa aliansi pertahanan keamanan untuk saling melindungi sesama"