Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Reunifikasi Jerman atau penyatuan kembali Jerman terjadi pada tanggal 3 Oktober 1990 ditandai dengan

Reunifikasi Jerman atau penyatuan kembali Jerman terjadi pada tanggal 3 Oktober 1990 ditandai dengan digabungkannya kembali Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) dengan Republik Federasi Jerman (Jerman Barat). Carilah informasi tentang reunifikasi Jerman! Kemudian, analisislah pengaruh runtuhnya tembok Berlin terhadap masyarakat Jerman saat ini!

Jawab:

Reunifikasi Jerman sebagai akibat dari pembaruan di Uni Soviet dengan glasnost dan perestroikanya. Hal tersebut diawali dengan mundurnya pemimpin Jerman Timur, Erich Honecker pada tanggal 18 Oktober 1989 dari anggota politburo) (Partai Persatuan tempat Erich Honecker bernaung) sendiri dan digantikan oleh Egon Krenz. Hal ini juga berakibat mundurnya mayoritas anggota kabinet Jerman Timur yang akhirnya jatuh pada tanggal 7 November 1989. Lalu, melalui Gunther Schwabowski yang bertindak sebagai juru bicara pemerintah Jerman Timur mengumumkan restriksi perjalanan ke Jerman Barat dihilangkan. Hal ini disambut dengan ribuan rakyat Jerman Timur pergi ke pos-pos perbatasan yang kemudian di- buka oleh penjaga pos perbatasan. Setelah itu, banyak warga dari Jerman Barat dan Jerman Timur merusak tembok Berlin. 

Bersatunya Jerman dilatarbelakangi oleh beberapa faktor yaitu sebagai berikut. 

  1. Kehidupan rakyat Jerman Timur terkekang. 
  2. Keadaan ekonomi Jerman Timur semakin tidak menentu. 
  3. Kemajuan Jerman Barat yang menyebabkan rasa iri dari masyarakat Jerman Timur sehingga mendorong mereka untuk bergabung dengan Jerman Barat. 
  4. Dikumandangkannya politik glasnost dan perestroika oleh Mikhail Gorbachev. 
  5. Sistem komunis tidak mampu lagi menjawab tantangan zaman. 
  6. Dibukanya kembali tembok Berlin pada tanggal 9 November 1989. 

Di bawah pimpinan Perdana Menteri Lothar de Maiziere, Jerman Timur kemudian mengadakan perundingan dengan Jerman Barat, Britania Raya, Parncis, dan Amerika Serikat, serta Uni Soviet mengenai hal-hal yang perlu dilakukan untuk penyatuan kembali Jerman. Uni Soviet menyatakan keberatannya karena Jerman Timur ditarik menjadi anggota NATO, maka kemudian dibuatlah sebuah perjanjian bahwa Jerman bersatu tidak boleh menjadi anggota NATO, dan tentara NATO tidak boleh ditempatkan di Jerman Timur.

Selain itu kanselir Helmut Kohl meyakinkan para pemimpin Prancis dan Britania Raya bahwa mereka tidak perlu khawatir, Jerman bersatu akan lebih berintegrasi dengan Uni Eropa. Sejalan dengan perundingan multilateral itu, perundingan bilateral antara Jerman Barat dan Jerman Timur berlangsung pada tanggal 18 Mei 1990 sehingga disetujuinya dibentuk Uni Ekonomi Sosial dan Moneter yang mulai berlaku 1 Juli 1990. Pada tanggal 23 Agustus 1990, Volkskammer (parlemen Jerman Timur) mengesahkan 3 Oktober 1990 se- bagai tanggal bergabungnya Jerman Barat dan Jerman Timur. 

Perjanjian persatuan (Einigugsvertrag) ditandatangani pada tanggal 31 Agustus 1990 oleh wakil Jerman Barat dan Jerman Timur. Selanjutnya, pada tanggal 12 September 1990 perjanjian penyelesaian akhir yang berkaitan dengan negara Jerman telah ditandatangani dan secara resmi mendirikan kedaulatan negara Jerman. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Reunifikasi Jerman atau penyatuan kembali Jerman terjadi pada tanggal 3 Oktober 1990 ditandai dengan"