Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adanya istilah Utara dan Selatan sebenarnya lebih bermakna ekonomis daripada geografis. Utara

Adanya istilah Utara dan Selatan sebenarnya lebih bermakna ekonomis daripada geografis. Utara diidentifikasi sebagai kelompok negara-negara maju, sedangkan Selatan cenderung ditujukan kepada negara-negara berkembang atau negara Dunia Ketiga. Analisislah peran Indonesia dalam kerja sama negara-negara kawasan Utara-Selatan!

Jawab:

Salah satu peran aktif Indonesia dalam kerja sama Utara-Selatan ditunjukkan dengan cara menghidupkan kembali dialog kawasan Utara-Selatan berdasarkan rasa saling ketergantungan yang setara, kesamaan kepentingan dan manfaat, serta tanggung jawab bersama. 

Hal yang melatarbelakangi keinginan Indonesia menghidupkan kembali dialog kawasan Utara-Selatan adalah hasil KTT GNB tahun 1992 di Jakarta. Dalam KTT GNB 1992 tersebut, salah satu hasilnya adalah menyatakan bahwa negara-negara GNB akan menyelenggarakan kerja sama antarnegara kawasan Utara-Selatan. Indonesia selalu berkomitmen mewujudkan prinsip-prinsip GNB. Sikap tersebut secara konsisten diaktualisasikan Indonesia selama memegang kepemimpinan GNB pada tahun 1992–1995.

Selama tiga tahun memimpin GNB, GNB dinilai berhasil memainkan peran penting dalam percaturan politik global. Dengan Jakarta Message, Indonesia memberi warna baru pada gerakan ini, seperti dengan memfokuskan kerja sama pada pembangunan ekonomi dengan menghidupkan kembali dialog Selatan-Selatan. Dialog Selatan-Selatan diyakini memperkuat posisi tawar negara-negara berkembang terhadap negara-negara Utara. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Adanya istilah Utara dan Selatan sebenarnya lebih bermakna ekonomis daripada geografis. Utara"