Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buatlah makalah tentang hubungan Perang Dingin dengan organisasi militer regional dan global

Buatlah makalah tentang hubungan Perang Dingin dengan organisasi militer regional dan global!

Jawab:

Masuk dalam isi makalah!

Pada masa Perang Dingin muncul beberapa aliansi pertahanan keamanan untuk saling melindungi sesama anggota dan menjaga pertahanan dan keamanan di suatu kawasan dari ancaman agresi blok lawan. Oleh karena itu, muncullah pakta-pakta pertahanan atau organisasi militer regional dan global, seperti NATO, SEATO, Pakta Warsawa, CENTO, dan ANZUS. 

SEATO dibentuk pada tanggal 8 September 1954 di Manila. SEATO merupakan pakta pertahanan pimpinan Amerika Serikat. Tujuan pembentukan SEATO adalah membendung pengaruh komunisme di Asia Tenggara. Meskipun SEATO merupakan pakta pertahanan di Asia Tenggara, tetapi kenyataannya hanya Filipina dan Thailand yang bergabung dalam SEATO.

Alasan Filipina bergabung dalam SEATO adalah karena kedekatan Filipina dengan Amerika Serikat dan kekhawatirannya terhadap pemberontakan komunis yang mengancam pemerintahannya. Begitu juga Thailand yang khawatir pada potensi subversi komunis di wilayahnya. Anggota SEATO antara lain Australia, Bangladesh, Prancis, Selandia Baru, Pakistan, Filipina, Thailand, dan Amerika Serikat. Australia dan Selandia Baru tertarik pada urusan Asia karena posisi geografis mereka di Pasifik.

Bagi Pakistan, seruan pakta tersebut adalah potensi untuk menerima dukungan dalam perjuanganya melawan India, terlepas dari fakta bahwa kedua negara tidak berada di wilayah di bawah yurisdiksi organisasi tersebut. Pada tahun 1973 secara resmi Pakistan keluar dari SEATO. Alasan Pakistan keluar dari SEATO adalah kekecewaannya terhadap pakta pertahanan SEATO. Kekecewaannya diakibatkan karena SEATO tidak membantu Pakistan dalam konflik melawan India. Secara resmi SEATO dibubarkan pada tahun 1977. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Buatlah makalah tentang hubungan Perang Dingin dengan organisasi militer regional dan global"