Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carilah informasi tentang sejarah kontemporer dunia! Kemudian, buatlah tulisan tentang sejarah

Carilah informasi tentang sejarah kontemporer dunia! Kemudian, buatlah tulisan tentang sejarah kontemporer dunia!

Jawab:

Sejarah kontemporer adalah sejarah mutakhir yang jejak-jejak peristiwanya masih relatif dekat dan dirasakan kehadirannya oleh kita sekarang. Contoh peristiwa yang dapat digolongkan sebagai sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Vietnam Selatan, runtuhnya apartheid di Afrika Selatan, runtuhnya Uni Soviet, reunifikasi Jerman, konflik Yugoslavia, dan runtuhnya Cekoslovakia. 

Vietnam yang merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang termuda, saat ini sudah berkembang menjadi salah satu negara yang maju khususnya dalam sektor pariwisata. Ketika menyebut negara Vietnam, pasti yang terlintas di benak kita adalah sebuah negara yang menjadi tempat pertempuran yang besar antara tentara Amerika dan pihak komunis Vietnam Utara. Perang Vietnam merupakan perang terpanjang dalam sejarah Amerika karena berlangsung selama 12 tahun, 2 bulan, dan 29 hari.

Perang Vietnam secara resmi dimulai tanggal 8 Maret 1965. Perang Vietnam merupakan salah satu dari beberapa konflik semasa Perang Dingin antara Amerika Serikat dan sekutunya menentang Uni Soviet dan sekutunya. Perang seperti ini disebut sebagai perang proksi karena Amerika Serikat dan Uni Soviet sendiri tidak pernah bersemuka secara terang-terangan di medan pertempuran karena khawatir akan meletuskan perang nuklir. Dua kubu yang saling berperang adalah Republik Vietnam (Vietnam Selatan) dan Republik Demokratik Vietnam (Vietnam Utara).

Perang Vietnam atau Perang Indocina Kedua adalah perang yang terjadi antara tahun 1957 sampai dengan 1975 di Vietnam. Perang ini merupakan bagian dari Perang Dingin. Dalam perang tersebut Vietnam Selatan didukung oleh negara Amerika Serikat, Korea Selatan, Thailand, Australia, Selandia Baru, dan Filipina, sedangkan Vietnam Utara yang merupakan negara komunis didukung oleh USSR/Uni Soviet dan Cina. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Carilah informasi tentang sejarah kontemporer dunia! Kemudian, buatlah tulisan tentang sejarah"