Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi televisi bermula dari penemuan electrische teleskop sebagai perwujudan dan gagasan seorang

Teknologi televisi bermula dari penemuan electrische teleskop sebagai perwujudan dan gagasan seorang mahasiswa Berlin Jerman timur yang bernama Paul Gothlieb Nipkow. Ia memanfaatkan electrische teleskop untuk mengirim gambar melalui udara dari satu tempat ke tempat lainnya. Buatlah tulisan tentang sejarah berdirinya televisi!

Jawab:

Sejak penemuan televisi, di berbagai negara di dunia mulai diperkenalkan televisi sebagai sarana yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat umum. Televisi diperkenalkan ke Indonesia sekitar tahun 1962 bertepatan dengan pelaksanaan olahraga Asia (Asian Games IV) di Jakarta.

TVRI lahir berdasarkan SK Menpen Tahun 1961 untuk me- nayangkan/meliput semua kegiatan kejuaraan Asia Games IV di Jakarta. Proyek ini ditangani oleh perusahaan elektronika Jepang, Nippon Electric Company (NEC). TVRI berhasil mengudara pada acara liputan 17 Agustus 1962 di Istana Negara.

Pada tanggal 24 Agustus 1962, TVRI diresmikan oleh Presiden Soekarno. Tujuan utama dan pengadaan televisi itu adalah meliput semua kejuaraan dan pertandingan selama pesta olahraga berlangsung. Mulai tanggal 11 Maret 1963, TVRI menayangkan siaran iklan atau siaran niaga, tetapi mulai tanggal 1 April 1981 pemerintah melarang siaran niaga dengan alasan berikut.

  1. TVRI berfungsi sebagai government tool (alat pemerintah) yang bertugas menyiarkan pembangunan dan hasil-hasilnya ke seluruh pelosok Indonesia. 
  2. TVRI berperan meningkatkan pengetahuan dan wawasan pola pikir masyarakat.
  3. Masyarakat bersifat konsumerisme. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Teknologi televisi bermula dari penemuan electrische teleskop sebagai perwujudan dan gagasan seorang"