Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Langkah Letjen Soeharto tanggal 18 Maret 1966 setelah membubarkan PKI adalah

Langkah Letjen Soeharto tanggal 18 Maret 1966 setelah membubarkan PKI adalah ….

   A. membentuk Kabinet Dwikora yang Disempurnakan

   B. mengamankan lima belas orang menteri yang dinilai tersangkut dalam G-30-S/PKI

   C. membersihkan lembaga legislatif yang diduga terlibat dalam G-30-S/PKI

   D. memisahkan jabatan pimpinan DPR GR dengan jabatan eksekutif sehingga pimpinan DPR GR tidak lagi diberi kedudukan sebagai menteri

   E. membuat program yang disebut Pancakrida

Pembahasan:

Sebagai tindak lanjut keluarnya Supersemar, Letnan Jenderal Soeharto sebagai pengemban Supersemar segera mengambil tindakan untuk menata kembali ke- hidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945 yaitu sebagai berikut. 

1. Pada tanggal 12 Maret 1966, dikeluarkan keputusan yang berisi pembubaran dan larangan PKI beserta ormas-ormasnya. Keputusan tersebut diperkuat dengan Keputusan Presiden/Pangti ABRI/Mandataris MPR No. 1/3/1966 tanggal 12 Maret 1966. Keputusan pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya mendapat sambutan dan dukungan dari seluruh rakyat karena merupakan salah satu realisasi dari tritura. 

2. Pada tanggal 18 Maret 1966 pengemban Supersemar mengamankan 15 orang menteri yang dinilai ter- sangkut dalam G-30-S/PKI dan diragukan etika baiknya yang dituangkan dalam Keputusan Presiden No. 5 tanggal 18 Maret 1966. 

3. Pada tanggal 27 Maret 1966 pengemban Supersemar membentuk Kabinet Dwikora yang disempurnakan untuk menjalankan pemerintahan. Tokoh-tokoh yang duduk di dalam kabinet ini adalah mereka yang jelas tidak terlibat dalam G-30-S/PKI. 

4. Memisahkan jabatan pimpinan DPR GR dengan jabatan eksekutif sehingga pimpinan DPR GR tidak lagi diberi kedudukan sebagai menteri. MPRS di- bersihkan dari unsur-unsur G-30-S/PKI. Seperti halnya dengan DPR GR, keanggotaan PKI dalam MPRS dinyatakan gugur. Sesuai dengan UUD 1945, MPRS mempunyai kedudukan yang lebih tinggi daripada lembaga kepresidenan. 

Jawaban: B

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Langkah Letjen Soeharto tanggal 18 Maret 1966 setelah membubarkan PKI adalah"