Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rafli sangat menyukai mata pelajaran sosiologi. Dengan belajar sosiologi, Rafli memiliki kemampuan

Rafli sangat menyukai mata pelajaran sosiologi. Dengan belajar sosiologi, Rafli memiliki kemampuan untuk membedakan antara masalah pribadi yang mengancam nilai pribadi dan masalah sosial yang mengancam nilai-nilai bersama. Ia menjadi paham apa yang terjadi dalam masyarakat maupun dalam diri manusia. Kemampuan cara berpikir Rafli tersebut mencerminkan ....

   A. tindakan sosial

   B. penalaran kritis

   C. imajinasi sosiologi

   D. pandangan empiris 

   E. cara berpikir objektif

Pembahasan:

Imajinasi sosiologi diperlukan untuk dapat memahami apa yang terjadi di masyarakat maupun yang ada dalam diri manusia. Menurut Mills, dengan imajinasi sosiologi, kita mampu memahami sejarah masyarakat, riwayat hidup pribadi, dan hubungan antara keduanya.

Peralatan pokok dalam imajinasi sosiologi adalah kemampuan melihat perbedaan antara personal troubles of milieu dan public issues of social structure. Personal trouble adalah masalah pribadi dan merupakan ancaman terhadap nilai yang didukung pribadi.

Sementara itu, public issues adalah hal di luar jangkauan kehidupan pribadi individu dan merupakan ancaman terhadap nilai yang didukung bersama.

Jawaban: C

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Rafli sangat menyukai mata pelajaran sosiologi. Dengan belajar sosiologi, Rafli memiliki kemampuan"