Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Masalah pengangguran di Indonesia masih menjadi salah satu masalah sosial yang harus diatasi. Indonesia

Masalah pengangguran di Indonesia masih menjadi salah satu masalah sosial yang harus diatasi. Indonesia diperkirakan akan mengalami bonus demografi dalam beberapa tahun ke depan. Namun saat ini, lapangan pekerjaan yang tersedia masih terbatas sehingga angka pengangguran Indonesia tahun 2021 masih tergolong tinggi, walaupun membaik dari tahun sebelumnya. Sosiologi dapat berperan dalam upaya mengatasi masalah sosial tersebut, salah satunya dengan melakukan analisis dan memberikan gambaran tentang tipe-tipe pekerja yang tersedia atau sektor- sektor usaha yang menyerap banyak tenaga kerja. Berdasarkan ilustrasi tersebut, sosiologi menjalankan fungsi....

   A. pembangunan

   B. penelitian

   C. penelaah

   D. pendidik 

   E. praktisi

Pembahasan:

Fungsi sosiologi untuk penelitian yakni akan diperoleh suatu rencana penyelesaian masalah sosial yang baik. Di negara yang sedang berkembang, peran sosiolog sangat dibutuhkan. Dari data yang dihasilkan dari penelitian sosiologis, para pengambil keputusan dapat menyusun rencana penyelesaian suatu masalah sosial.

Seperti halnya ilustrasi mengenai pengangguran di Indonesia yang harus diatasi oleh pemerintah dengan bantuan sosiolog untuk analisis kehidupan masyarakat agar dengan jumlah penduduk yang banyak ini, kira-kira sektor pekerjaan apa yang mudah diserap masyarakat sehingga pengangguran dapat diatasi.

Jawaban: B

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Masalah pengangguran di Indonesia masih menjadi salah satu masalah sosial yang harus diatasi. Indonesia"