Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pada saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung, proses penyebaran berita Proklamasi

Pada saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung, proses penyebaran berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia belum secanggih sekarang. Saat ini Anda dapat dengan cepat dan mudah memperoleh informasi baru. Namun, pada tahun 1945 bangsa Indonesia harus berjuang untuk menyebarluaskan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia. Carilah informasi tentang penyebarluasan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia! Kemudian, buatlah makalah tentang penyebarluasan berita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia!

Jawab:

Secara harfiah proklamasi artinya pemberitahuan kepada publik. Dari segi maknawi terutama jika ditempatkan dalam konteks sejarah Indonesia, proklamasi memiliki arti yang lebih dalam. Proklamasi merupakan titik tolak yang membawa bangsa Indonesia menuju kemerdekaan dan kedaulatan.

Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945 merupakan puncak hasil perjuangan para tokoh bangsa Indonesia yang telah berjuang lama. Adapun penyebarluasan berita proklamasi dilakukan melalui radio, surat kabar, pamflet, selebaran, dan para utusan daerah yang menghadiri sidang PPKI dan menyaksikan secara langsung peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 

Berikut contoh hasilnya. 

Gambar tersebut adalah surat kabar Tjahaja yang terbit di Bandung dan Soeara Asia yang terbit di Surabaya. Surat kabar Tjahaja dan Soeara Asia adalah surat kabar yang pertama kali menyiarkan berita tentang Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. 


Posting Komentar untuk "Pada saat Proklamasi Kemerdekaan Indonesia berlangsung, proses penyebaran berita Proklamasi"