Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memasuki tahun 1943, kedudukan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya mulai berubah. Sebelumnya

Memasuki tahun 1943, kedudukan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya mulai berubah. Sebelumnya Jepang bertindak sebagai pihak penyerang, tetapi kemudian berbalik sebagai pihak yang bertahan. Serangan-serangan yang dilakukan oleh pasukan Sekutu di wilayah Pasifik mulai mendesak Jepang. Buatlah tulisan tentang usaha-usaha Jepang dalam Perang Asia Timur Raya!

Jawab:

Untuk mempertahankan daerah pendudukan yang luas, Jepang memerlukan dukungan dari penduduk setempat. Dalam rangka untuk mendapatkan dukungan tersebut, Jepang mulai mengerahkan pemuda Indonesia untuk membantu usaha Perang Asia Timur Raya. Untuk menghadapi kedatangan Sekutu, rakyat Indonesia harus disiagakan secara fisik. Untuk hal tersebut, Jepang membentuk berbagai organisasi seperti seinendan, keibodan, fujinkai, suishintai, Hizbullah, heiho, dan peta.

Gambar tersebut adalah seinendan. Seinendan merupakan organisasi pemuda yang didirikan pada tanggal 9 Maret 1943. Adapun pelantikan anggota seinendan pada tanggal 29 April 1943, tepat pada hari ulang tahun kaisar Jepang. Seinendan bersifat semimiliter. Organisasi tersebut langsung berada di bawah pimpinan gunseikan. Tujuan pembentukan seinendan adalah mendidik dan melatih pemuda agar dapat menjaga dan mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri.

Namun, maksud tersembunyi pembentukan organisasi tersebut adalah untuk mendapatkan tenaga cadangan sebanyak-banyaknya yang diperlukan bagi kemenangan perang Jepang. Pada awalnya seinendan beranggotakan pemuda-pemuda Asia yang berusia 15–25 tahun, kemudian diubah menjadi 14–22 tahun. Anggota seinendan sebanyak 3.500 orang yang berasal dari seluruh Jawa. Jumlah tersebut berkembang menjadi 500.000 orang pemuda pada akhir masa Pendudukan Jepang. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Memasuki tahun 1943, kedudukan Jepang dalam Perang Asia Timur Raya mulai berubah. Sebelumnya"