Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carilah informasi tentang pengaruh imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia! Kemudian, buatlah

Carilah informasi tentang pengaruh imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia! Kemudian, buatlah artikel tentang pengaruh imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia!

Jawab:

Imperialisme dan kolonialisme banyak mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia. beberapa kebijakan bangsa Barat masih bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini. Dampak imperialisme dan kolonialisme bagi masyarakat Indonesia dapat dilihat pada bidang politik dan pemerintahan, bidang ekonomi, bidang sosial dan budaya, bidang pendidikan, serta bidang agama. 

Dalam bidang pendidikan kita ketahui bahwa kondisi pendidikan anak-anak Indonesia sangat sulit. Hal tersebut disengaja Belanda supaya bangsa Indonesia tetap terbelakang sehingga mudah dikuasai. Hal tersebut memang terbukti, anak-anak Indonesia yang diperbolehkan menuntut pendidikan tinggi jumlahnya sangat terbatas.

Namun akhirnya, dari anak-anak lulusan pendidikan tinggi tersebut tampil sebagai pelopor dan pemimpin pergerakan nasional Indonesia. Hal ini ditandai dengan berdirinya Budi Utomo sebagai organisasi pergerakan nasional yang dipimpin oleh para lulusan STOVIA. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Carilah informasi tentang pengaruh imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia! Kemudian, buatlah"