Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan perbedaan sosiologi dengan psikologi dalam memandang fenomena kenakalan remaja

Jelaskan perbedaan sosiologi dengan psikologi dalam memandang fenomena kenakalan remaja.

Jawab:

- Sosiologi

Kartini Kartono (2008) menjelaskan kenakalan remaja yaitu perilaku jahat (dursila), kejahatan.Atau kenakalan anak-anak muda yang merupakan gejala sakit (patologis) secara sosial pada anak-anak. Dan remaja yang disebabkan oleh satu bentuk pengabaian sosial, sehingga mereka itu mengembangkan bentuk tingkah laku yang menyimpang.  Kartini Kartono adalah seorang penulis buku patologi sosial dengan 3 jilid berbeda. Berhubungan dengan prinsip dasar sosiologi, beliau menyingung perihal interaksi sosial anak/remaja yang kurang baik. Sehingga berujung pada kurangnya perhatian.  Hal ini juga menunjukkan beberapa masalah lainnya seperti, pola asuh orang tua, masyarakat yang belum terbuka atau terlalu terbuka, hingga pengaruh lingkungan.

- Psikologi 

John W. Santrock (2003) berpendapat, kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara sosial hingga terjadi tindakan kriminal. 

Santrock merupakan pengajar Psikologi dan perkembangan manusia di Texas University, Dallas, USA. Dia merupakan penulis buku-buku terkemuka seperti, Children, Adolescence, dan Life Span Development.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Jelaskan perbedaan sosiologi dengan psikologi dalam memandang fenomena kenakalan remaja"