Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan harus memiliki kualitas yang baik, uraikan karakteristik

Informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan harus memiliki kualitas yang baik, uraikan karakteristik kualitas informasi yang baik!

Jawab:

Kualitas informasi akuntasi yang baik yaitu sebagai berikut. 

a. Dapat dipahami, artinya laporan keuangan mudah utnuk dipahami oleh pemakai. 

b. Relevan, artinya laporan keuangan harus sesuai dengan tujuan operasional perusahaan dan meme- nuhi kebutuhan pemakai dalam proses pengambilan keputusan. 

c. Materialitas, artinya suatu laporan atau fakta dipandang material apabila kelalaian dalam mencantumkan atau kesalahan mencatat informasi dapat memengaruhi keputusan ekonomi pamakai dengan analisis bahwa keadaan lain sebagai bahan pertimbangan lengkap. 

d. Keadaan (reliable), artinya informasi laporan keuangan harus bebas dari pengertian yang menyesatkan, kesalahan material, dan dapat diandal- kan pemakainya sebagai penyajian yang tulus dan jujur (faithful representation). 

e. Penyajian jujur, artinya informasi akuntansi harus menggambarkan kejujuran transaksi serta peristiwa lain yang seharusnya disajikan atau secara wajar dapat diharapkan untuk disajikan. 

f. Substansi mengungguli bentuk, artinya jika dimaksud- kan untuk menyajikan informasi dengan jujur, maka transaksi perlu dicatat dan disajikan sesuai dengan substansi dan relitas ekonomi, bukan hanya bentuk hukumnya. 

g. Netralitas, artinya informasi akuntansi harus diarahkan pada kebutuhan umum pemakai, tidak bergantung pada kebutuhan dan keinginan pihak tertentu. 

h. Pertimbangan sehat, artinya informasi yang disajikan mengandung unsur kehati-hatian pada saat me- lakukan perkiraan dalam kondisi ketidakpastian. 

i. Kelengkapan, artinya informasi dalam laporan keuangan harus lengkap dalam batas materialitas dan biaya. 

j. Dapat dibandingkan, artinya informasi akuntansi harus dapat dibandingkan dengan laporan periode sebelumnya serta dapat dibandingkan dengan perusahaan lain yang sejenis. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Informasi akuntansi yang berupa laporan keuangan harus memiliki kualitas yang baik, uraikan karakteristik"