Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carilah informasi tentang peran diplomat Indonesia dalam sidang PBB untuk memperjuangkan pengakuan

Carilah informasi tentang peran diplomat Indonesia dalam sidang PBB untuk memperjuangkan pengakuan kemerdekaan Indonesia! Kemudian, buatlah artikel tentang peran diplomat Indonesia dalam sidang PBB untuk memperjuangkan pengakuan kemerdekaan Indonesia

Jawab:

Beberapa diplomat Indonesia yang memperjuangkan agar bangsa Indonesia mendapatkan pengakuan kedaulatan sebagai negara merdeka antara lain Sutan Syahrir, Agus Salim, Lambertus Nicodemus Palar, dan Sumitro Joyohadikusumo. Berikut contoh hasilnya. 

Saat Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, Sumitro Joyohadikusumo masih di Belanda untuk menuntut ilmu. Keinginan Sumitro Joyohadikusumo kembali ke Indonesia muncul saat PBB mengadakan sidang di London untuk membahas konflik Indonesia-Belanda. Adapun keterlibatan Sumitro Joyohadikusumo dalam misi diplomatik dimulai pada waktu Sumitro Joyohadikusumo menghadiri sidang Dewan Keamanan PBB di Lake Success, Amerika Serikat.

Sidang Dewan Keamanan PBB tersebut membahas masalah Agresi Militer I Belanda atas Indonesia. Bersama dengan Sutan Syahrir, Agus Salim, Charles Tambu, dan Soedjatmoko, Sumitro Joyohadikusumo berjuang agar ma- salah konflik Indonesia-Belanda mendapat perhatian dari PBB. Selanjutnya, dalam sidang Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi yang mengajak Indonesia dan Belanda meng- hentikan tembak-menembak, menyelesaikan pertikaian melalui badan arbitrase, atau menyelesaikan dengan cara damai. 

Menindaklanjuti ajakan PBB mengenai menyelesaikan masalah dengan cara damai, Sumitro Joyohadikusumo men- jelaskan bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah adalah dengan membentuk komisi untuk mengawasi pelaksanaan resolusi Dewan Keamanan PBB. Selain itu, Sumitro Joyohadikusumo juga mendesak agar Dewan Keamanan PBB menerima usul Australia terkait dengan penarikan pasukan Belanda dari Indonesia. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Carilah informasi tentang peran diplomat Indonesia dalam sidang PBB untuk memperjuangkan pengakuan"