Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carilah informasi tentang merkantilisme! Kemudian, buatlah artikel tentang pengaruh merkantilisme bagi

Carilah informasi tentang merkantilisme! Kemudian, buatlah artikel tentang pengaruh merkantilisme bagi masyarakat dunia dan bagi Indonesia!

Jawab:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, merkantilisme merupakan sistem ekonomi untuk menyatukan dan meningkatkan kekayaan keuangan suatu bangsa dengan pengaturan seluruh ekonomi nasional oleh pemerintah dengan kebijakan yang bertujuan mengumpulkan cadangan emas, memperoleh neraca perdagangan yang baik, mengembangkan pertanian dan industri, serta memegang monopoli atas perdagangan luar negeri. 

1. Pengaruh Merkantilisme bagi Masyarakat Dunia

Merkantilisme yang berkembang di Eropa pada abad XVI telah mendorong munculnya paham-paham baru antara lain imperialisme dan kolonialisme. 

2. Pengaruh Merkantilisme bagi Indonesia

Pelaksanaan merkantilisme di Indonesia mulai dilakukan oleh organisasi dagang milik Belanda, yaitu VOC. Masa kekuasaan VOC menjadi masa awal kolonialisme di Indonesia. Setelah VOC bangkrut, wilayah kekuasaan VOC diambil alih oleh pemerintah Belanda dengan membentuk pemerintah Hindia Belanda. Pemerintah Hindia Belanda di Indonesia dipimpin oleh gubernur jenderal. Adapun pelaksanaan merkantilisme pada masa pemerintahan Hindia Belanda dapat dilihat dari pember- lakuan cultuurstelsel, sistem monopoli, dan praktik kerja paksa. Merkantilisme juga diterapkan oleh pemerintah Inggris. Inggris yang berkuasa di Indonesia sejak tahun 1811–1816 menerapkan kebijakan sewa tanah (landrent) yang diterapkan pada masa Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles. Merkantilisme di Indonesia telah mendatangkan keuntungan besar bagi negara-negara Eropa, seperti Inggris dan Belanda. Melalui praktik merkantilisme, bangsa-bangsa Eropa menerapkan sistem monopoli, kerja paksa, dan praktik tanam paksa yang mendatangkan penderitaan bagi rakyat Indonesia. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Carilah informasi tentang merkantilisme! Kemudian, buatlah artikel tentang pengaruh merkantilisme bagi"