Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terdapat kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam. Kegiatan

Terdapat kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam. Kegiatan produksi ini disebut kegiatan ....

   A. jasa

   B. agraris

   C. semijasa

   D. ekstraktif

   E. konsumtif

Pembahasan:

Jenis Kegiatan Produksi Menurut Bidang Usahanya Produksi dapat dikelompokkan menjadi beberapa bidang usaha.

(1) Bidang ekstraktif, yaitu produksi yang memungut langsung hasil yang disediakan alam tanpa melakukan pengolahan lebih lanjut. Seperti: perikanan dan pertambangan. 

(2) Bidang agraris, yaitu produksi yang mengolah alam untuk memelihara tanaman dan hewan. Seperti: pertanian, perkebunan dan peternakan.

(3) Bidang Industri, yaitu produksi yang mengolah bahan mentah menjadi barang jadi, barang mentah menjadi barang setengah jadi, dan barang setengah jadi menjadi barang jadi. Seperti benang diolah menjadi kain.

(4) Bidang perdagangan, yaitu produksi yang mengumpulkan dan menjual kembali hasil produksi kepada yang memerlukan untuk memperoleh keuntungan. Seperti: toko, supermarket, kios, dan lain-lain.

(5) Bidang jasa, yaitu produksi yang membantu dan memperlancar proses produksi tanpa ikut membuat barang itu sendiri. Jadi, bidang produksi jasa tidak menghasilkan barang melainkan hanya menghasilkan jasa. Contoh: perbankan, rumah sakit, dan sekolah.

Jawaban: D

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga


Posting Komentar untuk "Terdapat kegiatan produksi yang dilakukan dengan langsung mengambil hasil dari alam. Kegiatan"