Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keseimbangan lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam ataupun

Keseimbangan lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam ataupun aktivitas manusia dalam menjaga kestabilan kehidupannya. Berilah tanda centang (✔) benar atau salah pernyataan terkait keseimbangan lingkungan. Jika salah, ubah kalimatnya agar pernyataan menjadi benar.

Pembahasan:

Pernyataan 1 (salah). Sistem pertanian monokultur (menanam satu jenis tanaman saja) dapat menurunkan keseimbangan lingkungan karena dapat menyebabkan penurunan keanekaragaman hayati dan unsur hara serta menimbulkan peningkatan jumlah hama.

Pernyataan 2 (benar). Pengendalian hama tanaman dengan hewan predator jika tidak dilakukan dalam jumlah berlebihan dapat mendukung keseimbangan lingkungan karena terjadi interaksi dalam rantai makanan.

Pernyataan 3 (salah). Keseimbangan lingkungan terganggu oleh fenomena gerhana bulan dan matahari. Hal tersebut dikarenakan fenomena tersebut biasanya hanya berlangsung dalam waktu yang singkat.

Pernyataan 4 (benar). Pada lingkungan yang seimbang, ditemukan jaring-jaring makanan yang berlangsung secara proporsional dan tidak ada organisme tertentu yang mendominasi.

Pernyataan 5 (salah). Daur materi dan aliran energi tidak hanya ditemukan pada lingkungan yang seimbang. Namun, pada lingkungan yang tidak seimbang, daur materi dan aliran energi akan berlangsung secara tidak proporsional.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Keseimbangan lingkungan adalah kemampuan lingkungan untuk mengatasi tekanan dari alam ataupun"