Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tokoh tersebut pada tahun 1878 menyerang kedudukan Belanda di daerah Tapanuli Utara dan tidak

Perhatikan gambar tokoh berikut!

Tokoh tersebut pada tahun 1878 menyerang kedudukan Belanda di daerah Tapanuli Utara dan tidak bersedia wilayah kerajaannya diperkecil Belanda. Tokoh tersebut raja terakhir Kerajaan....

   A. Aceh

   B. Batak

   C. Bali

   D. Banjar

   E. Makassar

Pembahasan:

Pusat Kerajaan Batak terletak di Bakkara (sebelah barat daya Danau Toba) dengan raja terakhir Kerajaan Batak bernama Sisingamangaraja XII. Adapun alasan terjadinya perlawanan masyarakat Batak terhadap Belanda sebagai berikut. 

  1. Raja Sisingamangaraja XII tidak bersedia wilayah kerajaannya diperkecil oleh Belanda. Raja Sisingamangaraja XII tidak dapat menerima kota Natal, Mandailing, Angkola, dan Sipirok di Tapanuli Selatan dikuasai Belanda. 
  2. Belanda ingin mewujudkan Pax Netherlandica. Untuk mewujudkan Pax Netherlandica Belanda menguasai daerah Tapanuli Utara sebagai lanjutan atas pendudukannya di Tapanuli Selatan dan Sumatra Timur. Belanda menempatkan pasukannya di Tarutung dengan alasan untuk melindungi para penyebar agama Kristen yang bergabung dalam Rhijnsnzending. 

Untuk menghadapi Belanda tersebut, Raja Sisingamangaraja XII pada tahun 1878 menyerang kedudukan Belanda di daerah Tapanuli Utara. 

Jawaban: B

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Tokoh tersebut pada tahun 1878 menyerang kedudukan Belanda di daerah Tapanuli Utara dan tidak"