Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tindakan pembumihangusan kota Bandung pada tanggal 24 Maret 1946 dikenal dengan sebutan Bandung

Tindakan pembumihangusan kota Bandung pada tanggal 24 Maret 1946 dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api. Pada peristiwa tersebut jatuh korban yang bernama Mohammad Toha yang meninggal ketika meledakkan gudang mesiu NICA. Akibat peristiwa Bandung Lautan Api bagi pasukan AFNEI adalah….

   A. pasukan AFNEI mengalami kesulitan akomodasi dan logistik di kota Bandung

   B. pasukan AFNEI dapat menguasai kota Bandung

   C. pasukan AFNEI banyak yang menjadi korban

   D. pasukan AFNEI dapat menduduki tempat-tempat yang strategis di kota Bandung

   E. pasukan AFNEI ditarik dari kola Bandung

Pembahasan:

Pada tanggal 23 Maret 1946, AFNEI mengeluarkan ultimatum untuk kedua kalinya supaya TRI meninggalkan seluruh kota Bandung. Sehari sebelumnya, pemerintah pusat mengeluarkan perintah yang sama. Namun, perintah itu bertentangan dengan perintah Markas Besar TRI di Yogyakarta. Akhirnya TRI Bandung memilih patuh kepada pemerintah pusat.

Akhirnya pasukan TRI dan warga meninggalkan kota Bandung. TRI mundur sambil membumihanguskan kota Bandung bagian selatan. Kemudian TRI secara berangsur-angsur meninggalkan kota Bandung. Tindakan pembumihangusan kota Bandung pada tanggal 24 Maret 1946 dikenal dengan sebutan Bandung Lautan Api. Pada peristiwa tersebut jatuh korban yang bernama Mohammad Toha yang me- ninggal ketika meledakkan gudang mesiu NICA.

Dari peristiwa tersebut menjadikan pasukan AFNEI semakin terdesak karena mereka mengalami kesulitan akomodasi dan pengiriman logistik ke kota yang telah hancur. Peristiwa gugurnya Mohammad Toha difilmkan dengan judul Toha Pahlawan Bandung Selatan. 

Jawaban: A

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Tindakan pembumihangusan kota Bandung pada tanggal 24 Maret 1946 dikenal dengan sebutan Bandung"