Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah satu hasil rapat pemuda tanggal 15 Agustus 1945 di Lembaga Bakteriologi di Jalan Pegangsaan

Salah satu hasil rapat pemuda tanggal 15 Agustus 1945 di Lembaga Bakteriologi di Jalan Pegangsaan Timur Jakarta adalah mendesak Soekarno-Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal….

   A. 16 Agustus 1945

   B. 17 Agustus 1945

   C. 18 Agustus 1945

   D. 19 Agustus 1945

   E. 20 Agustus 1945

Pembahasan:

Pada tanggal 15 Agustus 1945 para pemuda berkumpul di salah satu ruang Lembaga Bakteriologi Jalan Pegangsaan Timur No. 13 Jakarta di bawah pimpinan Chairul Saleh. Para pemuda sepakat bahwa kemerdekaan Indonesia merupakan hak dan masalah rakyat Indonesia yang tidak bergantung kepada bangsa atau negara lain. 

Rapat juga memutuskan untuk mendesak Soekarno-Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 16 Agustus 1945. Adapun pertimbangan keputusan tersebut sebagai berikut. 

  1. Soekarno-Hatta adalah dua orang pimpinan yang berwibawa di mata rakyat Indonesia. Proklamasi kemerdekaan yang dilaksanakan oleh mereka akan mendapat dukungan dari seluruh rakyat Indonesia. 
  2. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia harus dilaksanakan dengan kekuatan sendiri tanpa pengaruh dari pihak mana pun dengan tujuan untuk mengangkat wibawa negara Indonesia yang baru lahir. 

Jawaban: A

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Salah satu hasil rapat pemuda tanggal 15 Agustus 1945 di Lembaga Bakteriologi di Jalan Pegangsaan"