Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Tujuan pemberontakan adalah mempertahankan keutuhan

Perhatikan keterangan-keterangan berikut!

1) Tujuan pemberontakan adalah mempertahankan keutuhan Negara Indonesia Timur (NIT).

2) Latar belakang pemberontakan adalah karena gerombolan Andi Azis menolak masuknya pasukan-pasukan APRIS dari TNI.

3) Andi Azis dapat ditangkap dan diadili di Pengadilan Militer Yogyakarta pada tahun 1953 serta dijatuhi hukuman 15 tahun penjara.

Berdasarkan keterangan-keterangan tersebut, pemberontakan terjadi di .... 

   A. Bandung

   B. Maluku

   C. Makassar

   D. Kalimantan

   E. Surabaya

Pembahasan:

Pemberontakan Andi Azis terjadi di Makassar (Ujung Pandang, Sulawesi Selatan) di bawah pimpinan Kapten Andi Azis, seorang mantan perwira KNIL yang baru saja diterima masuk ke dalam APRIS. Tujuan pemberontakan adalah mempertahankan keutuhan Negara Indonesia Timur (NIT). Adapun latar belakang pemberontakan adalah karena gerombolan Andi Azis menolak masuknya pasukan-pasukan APRIS dari TNI. Setelah terjadi per- tempuran selama dua hari, pasukan yang mendukung gerakan Andi Azis, yaitu KNIL/KL minta berunding. 

Pada tanggal 8 Agustus 1950 terjadi kesepakatan antara Kolonel Kawilarang (TNI) dan Mayor Jenderal Scheffelaar (KNIL/KL). Isi kesepakatan adalah penghentian tembak- menembak, KNIL/KL harus meninggalkan Makassar dan menanggalkan semua senjatanya. Akhirnya Andi Azis dapat ditangkap dan diadili di Pengadian Militer Yogyakarta pada tahun 1953 serta dijatuhi hukuman 15 tahun penjara. 

Jawaban: C

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Tujuan pemberontakan adalah mempertahankan keutuhan "