Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Tidak menyetujui terbentuknya NKRI dan penggabungan

Perhatikan keterangan-keterangan berikut!

1) Tidak menyetujui terbentuknya NKRI dan penggabungan daerah-daerah Negara Indonesia Timur ke dalam. wilayah kekuasaan RI.

2) Seorang mantan Jaksa Agung dari Negara Indonesia Timur.

3) Pada tanggal 12 Desember 1963 baru dapat ditangkap dan kemudian dihadapkan pada Mahkamah Militer Luar Biasa di Jakarta.

Tokoh yang sesuai dengan keterangan-keterangan tersebut adalah....

   A. Andi Azis

   B. Westerling

   C. Ahmad Husein

   D. Christian Robert Steven Soumokil

   E. Kahar Muzakar

Pembahasan:

Pada tanggal 25 April 1950 diproklamasikan berdirinya Republik Maluku Selatan (RMS) di bawah pimpinan Mr. Dr. Christian Robert Steven Soumokil, seorang mantan Jaksa Agung dari Negara Indonesia Timur. Soumokil tidak menyetujui terbentuknya NKRI dan penggabungan daerah-daerah Negara Indonesia Timur ke dalam wilayah kekuasaan RI.

Soumokil berusaha melepaskan wilayah Maluku Tengah dan NIT dari RIS. Usaha damai yang telah dilakukan oleh pemerintah RIS menemui jalan buntu. Pemerintah RIS memutuskan untuk melaksanakan ekspedisi militer yang dipimpin oleh Kolonel Kawilarang sebagai Panglima Tentara dan Teritorium Indonesia Timur.

Pada awal November 1950 kota Ambon dapat dikuasai, tetapi dalam perebutan Benteng Nieuw Victoria, Letnan Kolonel Slamet Riyadi gugur. Pada tanggal 12 Desember 1963 baru dapat di- tangkap dan kemudian dihadapkan pada Mahkamah Militer Luar Biasa di Jakarta. 

Jawaban: D

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Perhatikan keterangan-keterangan berikut! 1) Tidak menyetujui terbentuknya NKRI dan penggabungan"