Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan sumber daya alam menjadi salah satu faktor terjadinya interaksi antara desa dan kota. Interaksi

Perbedaan sumber daya alam menjadi salah satu faktor terjadinya interaksi antara desa dan kota. Interaksi tersebut akan menimbulkan berbagai gejala dan fenomena, baik fisik, sosial, maupun ekonominya. Kurangnya bahan pangan menjadi salah satu dampak negatif bagi penduduk desa dan memengaruhi kehidupan kota. Hal tersebut terjadi karena ....

   A. penduduk desa menjadi lebih konsumtif 

   B. masyarakat lebih memilih barang impor dari luar

   C. memudarnya nilai-nilai tradisional penduduk desa

   D. meningkatnya sarana transportasi dan komunikasi

   E. banyaknya lahan yang ditinggalkan oleh masyarakat

Pembahasan:

Pertumbuhan wilayah dipengaruhi oleh jarak (range), ambang batas (threshold), dan letak. Pertumbuhan wilayah memperhatikan jarak yang perlu ditempuh orang untuk mendapatkan barang kebutuhan, baik primer maupun sekunder.

Selain itu, pertumbuhan wilayah akan bergantung pada banyaknya penduduk yang dibutuhkan untuk kelancaran dan kesinambungan suplai barang. Paling penting dalam pertumbuhan wilayah adalah lokasi aktivitas pelayanan harus terletak pada posisi yang sentral dan mudah dijangkau.

Berdasarkan gambar tersebut, pertumbuhan wilayah sangat mungkin berkembang ke pusat perdagangan karena jarak yang ditempuh serta suplai barang yang lebih lancar. Pusat perdagangan pasti dilengkapi infrastruktur transportasi yang memadai serta berada di posisi sentral. 

Jawaban: E

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Perbedaan sumber daya alam menjadi salah satu faktor terjadinya interaksi antara desa dan kota. Interaksi"