Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjajahan Barat di Indonesia menyebabkan kekuasaan kerajaan-kerajaan lokal harus tunduk terhadap

Penjajahan Barat di Indonesia menyebabkan kekuasaan kerajaan-kerajaan lokal harus tunduk terhadap dominasi bangsa-bangsa Barat. Keadaan ini semakin diperparah dengan politik Belanda yang melaksanakan Pax Netherlandica yaitu penyatuan wilayah kepulauan Indonesia di bawah kekuasaan Belanda. Namun, jika disimpulkan dampak penjajahan Barat bagi kehidupan bangsa. Indonesia masa kini di bidang politik adalah ….

   A. lenyapnya pemerintahan pribumi/kekuasaan di Indonesia

   B. kerajaan-kerajaan lokal tunduk terhadap dominasi bangsa Barat

   C. Belanda berhasil melaksanakan politik kolonial di Indonesia

   D. dikuasainya satu demi satu kerajaan besar di Indonesia

   E. terbentuknya persatuan dan nasionalisme Indonesia

Pembahasan:

Hampir seluruh wilayah Nusantara setelah tahun 1908 menjadi satu kesatuan dalam politik, hukum, pemerintahan, dan berada di bawah kekuasaan kolonial Belanda. Hal tersebut memang merupakan cita-cita besar Belanda dengan melalui Pax Netherlandica.

Namun, keberhasilan Pax Netherlandica tersebut justru mampu menyatukan rakyat Indonesia dalam satu perasaan senasib sepenanggungan. Penderitaan yang dialami satu daerah tidak lagi dianggap sebagai penderitaan daerah itu semata, tetapi penderitaan seluruh rakyat Hindia- Belanda. Hal inilah yang menumbuhkan rasa persatuan dan yang pada akhirnya melahirkan kesadaran sebagai satu bangsa atau kesadaran berbangsa.

Berdasarkan soal, dapat disimpulkan dampak penjajahan Barat bagi kehidupan bangsa Indonesia masa kini di bidang politik adalah terbentuknya persatuan dan nasionalisme Indonesia. 

Jawaban: E

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Penjajahan Barat di Indonesia menyebabkan kekuasaan kerajaan-kerajaan lokal harus tunduk terhadap"