Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penebangan hutan secara liar saat ini sedang marak terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Jika

Penebangan hutan secara liar saat ini sedang marak terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Jika penebangan hutan ini tidak dicegah akan membawa dampak yang sangat merugikan bagi lingkungan. Uraikan dampak yang ditimbulkan akibat permasalahan tersebut bagi:

a. kelestarian tumbuhan

b. kelestarian hewan

c. manusia

Jawab:

a. Akibat penebangan liar, ekosistem hutan menjadi rusak, tumbuhan di hutan menjadi punah sehingga mengancam kelestarian keanekaragaman tumbuhan.

b. Hutan merupakan habitat hidup hewan sehingga apabila hutan rusak dapat menyebabkan hewan-hewan kehilangan tempat hidupnya dan mengancam kelestarian keanekaragaman hayati hewan sehingga populasinya menjadi menurun. Binatang yang mudah terganggu oleh penebangan hutan biasanya binatang besar yang bergerak lamban, misalnya gajah. Atau binatang yang membutuhkan hutan sangat luas untuk mencari makanan, misalnya siamang, kijang, orang utan, rusa, harimau, dan sebagainya. Padahal semua hewan di atas berperan besar dalam memelihara keseimbangan ekosistem hutan.

c. Berkurangnya kawasan hutan akibat penebangan liar akan berdampak negatif bagi manusia karena dapat menyebabkan banjir, longsor, kekeringan, erosi tanah, berkurangnya kualitas kesehatan, dan pemanasan global.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Penebangan hutan secara liar saat ini sedang marak terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Jika"