Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gerakan Nonblok merupakan gerakan tidak memihak salah satu blok kekuatan di dunia. Setelah Perang

Gerakan Nonblok merupakan gerakan tidak memihak salah satu blok kekuatan di dunia. Setelah Perang Dunia II berakhir dunia terbagi menjadi dua blok, yaitu Blok Barat dan Blok Timur. Blok Barat yang dipimpin oleh Amerika berpaham liberal. Sementara Blok Timur yang dipimpin oleh Uni Soviet berpaham komunis. Kedua blok tersebut saling berlawanan karena perbedaan paham tersebut. Oleh karena itu, terdapat beberapa negara yang bersifat netral, salah satunya Indonesia. Terangkan peran yang dilakukan Indonesia sehubungan dengan prinsip-prinsip GNB!

Jawab:

Prinsip-prinsip GNB sebagai berikut. 

  1. Saling menghormati kedaulatan teritorial. 
  2. Saling tidak melakukan agresi. 
  3. Saling tidak mencampuri urusan dalam negeri. 
  4. Setara dan saling menguntungkan. 
  5. Berdampingan dengan damai. 

Sehubungan dengan prinsip-prinsip tersebut, Indonesia selalu berkomitmen mewujudkan prinsip-prinsip GNB. Sikap ini secara konsisten diaktualisasikan Indonesia selama memegang kepemimpinan GNB pada tahun 1992–1995. Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah KTT GNB yaitu KTT X yang berlangsung di Jakarta dan Bogor pada tanggal 1–7 September 1992.

Selama tiga tahun dipimpin Indonesia, GNB dinilai berhasil me- mainkan peran penting dalam percaturan politik global. Melalui Jakarta Message, Indonesia memberi warna baru pada GNB, antara lain dengan memfokuskan kerja sama pada pembangunan ekonomi dengan menghidupkan kembali dialog Selatan-Selatan. Dialog tersebut diyakini memperkuat posisi tawar negara-negara berkembang terhadap negara-negara Utara (Barat).

Selain itu, Indonesia juga dipercaya untuk turut menyelesaikan berbagai konflik regional, antara lain Kamboja, gerakan separatis Moro di Filipina, dan sengketa di Laut Tiongkok Selatan. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Gerakan Nonblok merupakan gerakan tidak memihak salah satu blok kekuatan di dunia. Setelah Perang"