Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dalam tulisannya di majalah De Gids, tokoh tersebut mengatakan bahwa pemerintah Hindia Belanda telah

Perhatikan gambar tokoh berikut!

Dalam tulisannya di majalah De Gids, tokoh tersebut mengatakan bahwa pemerintah Hindia Belanda telah mengeksploitasi wilayah jajahannya untuk membangun negeri mereka dan memperoleh keuntungan yang besar. Oleh karena itu, sudah sewajarnya Belanda membayar utang budi dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat di negara jajahan. Tulisan tokoh tersebut berjudul ….

   A. Membangun Negeri

   B. Utang Kehormatan

   C. Utang Budi

   D. Kesejahteraan Rakyat di Negeri Jajahan

   E. Keuntungan yang Besar

Pembahasan:

Penderitaan yang dialami rakyat Indonesia memicu munculnya kritik melalui tulisan kaum etis yang dipelopori oleh Pieter Broosshooft, wartawan koran De Locomotief (koran pertama yang terbit di Semarang dan berdiri pada tahun 1845) dan seorang politikus Belanda Conrad Theodore van Deventer.

Kedua tokoh tersebut menyatakan agar pemerintah kolonial harus lebih memperhati- kan nasib pribumi di tanah jajahan dan bertanggung jawan secara moral untuk menyejahterakan masyarakat pribumi. Pada tahun 1899 Conrad Theodore van Deventer membuat tulisan yang berjudul Een Eereschuld (Utang Kehormatan) yang dimuat di majalah De Gids.

Dalam tulisannya tersebut Conrad Theodore van Deventer mengatakan bahwa pemerintah Hindia Belanda telah mengeksploitasi wilayah jajahannya untuk membangun negeri mereka dan memperoleh keuntungan yang besar. Oleh karena itu, menurutnya sudah sewajarnya Belanda membayar utang budi itu dengan meningkatkan kesejahteraan rakyat di negara jajahan. 

Jawaban: B

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Dalam tulisannya di majalah De Gids, tokoh tersebut mengatakan bahwa pemerintah Hindia Belanda telah"