Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah satu tujuan pendudukan Jepang di Indonesia adalah Jepang menggalang rakyat Indonesia menjadi

Salah satu tujuan pendudukan Jepang di Indonesia adalah Jepang menggalang rakyat Indonesia menjadi bagian dari kekuatan untuk membendung gempuran pasukan Sekutu. Hal yang dilakukan Jepang untuk hal tersebut adalah ….

   A. membentuk romusa

   B. membagi kekuasaan wilayah Indonesia dipegang oleh angkatan darat dan angkatan laut

   C. menerapkan kerja paksa dalam membangun kubu pertahanan, jaringan, kereta api, dan melatih penduduk Indonesia dengan keterampilan militer

   D. membentuk Gerakan Tiga A

   E. membentuk seinendan

Pembahasan:

Pada tanggal 8 Maret 1942, pasukan Belanda di Jawa menyerah kepada Panglima Bala Tentara Jepang, Imamura di Kalijati, Subang. Dengan demikian, seluruh wilayah Indonesia telah menjadi bagian dari kekuasaan Jepang. Adapun tujuan pendudukan Jepang di Indonesia sebagai berikut! 

1. Menjadikan Indonesia sebagai sumber pemasok bahan mentah untuk industri dan mesin perang. 

2. Jepang menggalang rakyat Indonesia menjadi bagian dari kekuatan untuk membendung gempuran pasukan Sekutu yang identik dengan imperialisme Barat. Untuk itu, Jepang menerapkan kerja paksa dalam membangun kubu pertahanan, jaringan kereta api, dan melatih penduduk Indonesia dengan keterampilan militer. 

Jawaban: C

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Salah satu tujuan pendudukan Jepang di Indonesia adalah Jepang menggalang rakyat Indonesia menjadi"