Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Eropa sekitar abad XIV sampai abad XVIII seperti

Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Eropa sekitar abad XIV sampai abad XVIII seperti merkantilisme, renaisans, reformasi gereja, dan Revolusi Industri. Carilah informasi tentang renaisans! Kemudian, analisislah pengaruh renaisans bagi masyarakat dunia dan bagi Indonesia!

Jawab:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, renaisans merupakan masa peralihan dari abad Pertengahan ke abad modern yang terjadi di Eropa pada abad XIV–XVII. Peralihan tersebut ditandai dengan lahirnya kreasi baru pada sastra klasik, berkembangnya sastra baru, serta tumbuhnya ilmu pengetahuan modern yang diilhami kebudayaan Yunani dan Romawi. Masyarakat renaisans berpegang pada semboyan sapere aude yang artinya beranilah berpikir sendiri. Masyarakat pada periode renaisans ditandai dengan faktor humanis yang mengedepankan penghargaan terhadap kodrat manusia. 

1. Pengaruh Renaisans bagi Masyarakat Dunia 

Renaisans mendorong munculnya paham-paham baru seperti humanisme, nasionalisme, dan absolutisme. Selain itu, renaisans juga mendorong terjadinya modernisasi dalam berbagai aspek kehidupan. Adanya tuntutan untuk mengadakan perubahan menyebabkan kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan seni. 

2 Pengaruh Renaisans bagi Indonesia

Secara tidak langsung renaisans telah menghubungkan belahan dunia Barat dengan dunia Timur melalui pen- jelajahan samudra. Adanya penjelajahan samudra telah mengantarkan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia. Menurut buku Indonesia dalam Arus Sejarah 4, per- kembangan bangsa Barat yang datang ke Indonesia berupaya melaksanakan praktik kolonialisme. Adapun bukti kolonialisme di Indonesia dapat dilihat dari di- temukannya berbagai bangunan berarsitektur kolonial, seperti benteng, gereja, jembatan, gedung, dan stasiun. Arsitektur yang berkembang di Indonesia pada akhir abad XIX sampai awal abad XX menganut gaya Napoleon klasik. Gaya Napoleon klasik diterapkan pemerintah kolonial untuk membangun kantor pemerintahan. Ada- pun pihak swasta mengembangkan arsitektur bergaya neogotik dan rasionalisme Belanda. Gaya arsitektur tersebut dapat dilihat pada bangunan kantor-kantor De Javaasche Bank di beberapa kota besar (seperti Bandung, Medan, Surabaya, dan Jakarta). 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Eropa sekitar abad XIV sampai abad XVIII seperti"