Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menurut Light, Keller dan Calhoun (1989), agama memiliki beberapa unsur-unsur dasar. Tulis dan

Menurut Light, Keller dan Calhoun (1989), agama memiliki beberapa unsur-unsur dasar. Tulis dan jelaskan secara singkat unsur-unsur dasar tersebut beserta contohnya.

Jawab:

Menurut Light, Keller dan Callhoun (1989), unsur-unsur dasar agama adalah sebagai berikut.

a. Kepercayaan adalah suatu prinsip yang dianggap benar dan tanpa ada keraguan lagi. Seperti kepercayaan monoteisme yang percaya bahwa Tuhan itu satu atau kepercayaan pada reinkarnasi bagi umat agama-agama Timur, seperti Hindu dan Buddha.

b. Praktik keagamaan, seperti berdoa, bersembahyang, berpuasa, dan sedekah. Praktik keagamaan berbeda dengan ritual keagamaan, karena ritual keagamaan menyangkut hubungan manusia dengan Tuhan secara vertikal. Praktik keagamaan meliputi hubungan vertikal dan hubungan horizontal, yaitu hubungan antarmanusia sesuai dengan ajaran agama.

c. Simbol keagamaan dapat memberi tanda atau identitas bagi orang yang menganutnya. Misalnya, model atau corak pakaian orang Islam dan bentuk bangunan rumah ibadat umat Hindu (pura, candi).

d. Umat adalah penganut masing-masing agama. Sekarang ini, banyak wadah atau organisasi yang menampung umat beragama dalam rangka melaksanakan praktik agamanya, seperti KWI (Katolik), NU, Muhammadiyah, MUI (Islam), PGI (Kristen), PHDI (Hindu), dan WALUBI (Buddha).

e. Pengalaman keagamaan. Pengalaman keagamaan setiap umat berbeda karena menyangkut masalah yang sulit dibuktikan dan diukur kadarnya. Pengalaman keagamaan bersifat individual. Seperti pengalaman spiritual seorang pasien yang sakit parah yang oleh dokter sudah divonis akan meninggal, tetapi karena doa dari si pasien maupun keluarganya, pasien tersebut dapat sembuh kembali.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Menurut Light, Keller dan Calhoun (1989), agama memiliki beberapa unsur-unsur dasar. Tulis dan"