Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isu kelaparan dan food waste masih menjadi tantangan bersama. Pandemi Covid-19 telah menambah

Isu kelaparan dan food waste masih menjadi tantangan bersama. Pandemi Covid-19 telah menambah angka keluarga miskin di Indonesia dan juga menurunkan daya beli terhadap bahan makanan bergizi. Hal ini menjadi pemacu beberapa perusahaan untuk membantu warga masyarakat yang kurang beruntung dengan membuat program donasi sarapan yang bernama "Selamat Pagi Indonesia" dengan misi untuk memberikan asupan nutrisi kepada anak-anak yang masih belum bisa mengonsumsi sarapan dengan layak. Beberapa perusahaan telah bergabung dalam misi tersebut untuk memberi dukungan dana, sarana, dan prasarana untuk terselenggaranya program tersebut sehingga mampu mengurangi kasus kelaparan dan malnutrisi di kalangan anak-anak yang terjadi di negara tercinta ini.

1. Dari wacana tersebut, pesan apa yang hendak disampaikan kepada kita tentang kondisi kelaparan dan malnutrisi yang terjadi pada anak-anak Indonesia? Jelaskan.

Jawab:

Bergabungnya beberapa perusahaan dalam menanggulangi kasus kelaparan dan malnutrisi patut diapresiasi dan masyarakat masih menunggu donator-donatur lain untuk mengikuti jejak beberapa perusahaan yang peduli dengan kondisi tersebut. Selain itu, kolaborasi perusahaan-perusahaan dengan pemerintah juga perlu dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang terjangkau. Serta, masyarakat yang mampu mengonsumsi makanan bergizi hendaknya lebih bijak dalam mengonsumsi makanan agar food waste dapat diminimalkan.


2. Kalimat mana pada wacana tersebut yang menggambarkan adanya tindakan rasional instrumental dan tindakan rasional berorientasi nilai? Jelaskan.

Jawab:

Tindakan rasional instrumental yang ada pada wacana adalah “… Beberapa perusahaan yang telah bergabung dalam misi tersebut untuk memberi dukungan dana, sarana, dan prasarana untuk terselenggaranya program tersebut …” Hal ini berarti beberapa perusahaan telah mempertimbangkan untuk membuat kegiatan tersebut dengan tujuan mengatasi kasus kelaparan dan malnutrisi di kalangan anak-anak. Tindakan rasional berorientasi nilai yang ada pada wacana adalah “… beberapa perusahaan untuk membantu warga masyarakat yang kurang beruntung dengan membuat program yang bernama ‘Selamat Pagi Indonesia’ dengan misi untuk memberikan asupan nutrisi kepada anak-anak yang masih belum bisa mengonsumsi sarapan dengan layak.’ Hal ini berarti tindakan-tindakan yang dilakukan beberapa perusahaan tersebut berkaitan dengan nilai kebaikan yakni membantu sesama manusia yang sedang mengalami kesulitan.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Isu kelaparan dan food waste masih menjadi tantangan bersama. Pandemi Covid-19 telah menambah "