Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carilah data neraca pembayaran Indonesia dua tahun terakhir! Bandingkan kedua neraca pembayaran

Carilah data neraca pembayaran Indonesia dua tahun terakhir! Bandingkan kedua neraca pembayaran tersebut, kemudian berilah kesimpulan singkat! Buatlah dalam bentuk laporan portofolio!

Jawab:

Siswa mencari data neraca pembayaran Indonesia melalui internet yang dapat diakses: 

https://www.bi.go.id/id/publikasi/neraca-pembayaran/ Pages/npitwII20.aspx

Kesimpulan neraca pembayaran: 

1. Neraca Pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan II 2020 mencatat surplus yang cukup besar, menopang ketahanan eksternal Indonesia. NPI mencatat surplus sebesar US$9,2 miliar pada triwulan II 2020, setelah mengalami defisit US$8,5 miliar pada triwulan se¬belumnya. 

2. Defisit transaksi berjalan semakin menurun, ditopang oleh surplus neraca barang serta berkurangnya defisit neraca pendapatan primer. Defisit transaksi berjalan tercatat sebesar US$2,9 miliar (1,2% dari PDB), lebih rendah dari defisit pada triwulan sebelumnya sebesar US$3,7 miliar (1,4% dari PDB). 

3. Transaksi modal dan finansial pada triwulan II 2020 mencatat surplus cukup signifikan dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, sejalan dengan meredanya ketidakpastian pasar keuangan global. Surplus transaksi modal dan finansial tercatat sebesar US$10,5 miliar terutama berasal dari aliran masuk neto investasi portofolio dan investasi langsung, setelah pada triwulan sebelumnya mencatat defisit US$3 miliar. 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Carilah data neraca pembayaran Indonesia dua tahun terakhir! Bandingkan kedua neraca pembayaran"