Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Carilah artikel di media cetak atau media elektronik tentang kebijakan fiskal dan kebijakan moneter yang

Carilah artikel di media cetak atau media elektronik tentang kebijakan fiskal dan kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi permasalahan ekonomi saat ini! Buatlah laporan portofolio!

Jawab:

Kebijakan moneter adalah tindakan yang dilakukan pemerintah untuk menambah atau mengurangi jumlah uang yang beredar. Instrumen kebijakan moneter antara lain kebijakan operasi pasar terbuka, kebijakan diskonto, kebijakan cadangan kas, politik pagu kredit, dan persuasi moral. 

Adapun kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah dalam mengelola keuangan negara dengan mengontrol pemasukan (dalam bentuk pajak) dan pengeluaran pemerintah untuk memengaruhi pengeluaran agregat dalam perekonomian serta memperbaiki keadaan ekonomi. Instrumen kebijakan fiskal antara lain pembiayaan fungsional, pengelolaan anggaran, stabilitas anggaran otomatis, dan anggaran belanja seimbang. Berikut contoh hasilnya. 

Siswa mencari artikel tentang kebijakan moneter yang dilakukan pemerintah.

Berdasarkan artikel dapat disimpulkan bahwa sebagai berikut.

a. Di Bidang Fiskal 

  1. Pemerintah melakukan kebijakan refocusing kegiatan dan realokasi anggaran dalam pengadaan barang dan jasa untuk penanganan Covid 19. Menteri Keuangan akan merealokasi dana APBN sebesar Rp62,3 triliun yang diambil dari anggaran perjalanan dinas, belanja nonoperasional, honor-honor, dan insentif dunia usaha. 
  2. Memberikan stimulus pajak untuk karyawan dan dunia usaha yaitu pajak penghasilan karyawan ditanggung pemerintah, pembebasan pajak penghasilan impor, pengurangan angsuran PPh pasal 25. Di samping itu, pemberian insentif/fasilitas Pajak Pertambahan Nilai yang terdampak Covid-19. 

b. Di Bidang Moneter

Relaksasi pemberian kredit perbankan dan mengintensifkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR). 

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Carilah artikel di media cetak atau media elektronik tentang kebijakan fiskal dan kebijakan moneter yang"