Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa yang membedakan ilmu sosiologi dengan ilmu sosial lainnya? Jelaskan

Apa yang membedakan ilmu sosiologi dengan ilmu sosial lainnya? Jelaskan.

Jawab:

Perbedaan antara sosiologi dan disiplin ilmu lainnya terletak dalam perspektif disiplin masing-masing terhadap objek kajiannya. Seperti contohnya ilmu psikologi, misalnya melakukan analisis perilaku individu.

Sementara itu, unit analisis seorang sosiolog adalah masyarakat. Orang cenderung berpikir perilaku seseorang selalu berasal dari kepribadian dan motivasi yang berbeda. Dari sudut pandang sosiologis, penjelasan psikologis tidak salah, hanya kurang lengkap. Sosiolog menjelaskan bahwa perilaku masyarakat timbul tidak hanya dipengaruhi oleh motif dan sikap internal seseorang, tetapi juga dari konteks sosial di mana orang hidup. Seorang sosiolog juga belajar budaya seperti seorang antropolog. Antropologi adalah studi tentang budaya manusia. Seorang antropolog melihat budaya sebagai dasar bagi masyarakat, mempelajari bagaimana orang hidup dalam budaya yang berbeda dan bagaimana budaya berkembang. Sementara itu, seorang sosiolog melihatnya sebagai bagian dari sistem sosial lainnya yang bersama-sama membentuk masyarakat.

Umumnya, sosiolog lebih cenderung untuk mempelajari masyarakat di mana mereka menjadi bagiannya. Antropolog cenderung untuk mempelajari budaya yang jauh dan terpencil. Seorang sosiolog tertarik pada semua lembaga sosial yang ada di masyarakat.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Apa yang membedakan ilmu sosiologi dengan ilmu sosial lainnya? Jelaskan"