Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuliskan fungsi uang dan berikan contoh tiap fungsi tersebut

Tuliskan fungsi uang dan berikan contoh tiap fungsi tersebut.

Jawab:

a. Fungsi Asli 

  1. Alat tukar. Fungsi uang sebagai alat tukar tidak diragukan lagi. Misalnya, seorang petani membutuhkan cangkul. Dia dapat menjual hasil panen untuk mendapat uang. Nantinya, uang hasil penjualan panen dapat digunakan untuk membeli cangkul. 
  2. Alat satuan hitung (pengukur nilai). Sebagai satuan hitung, uang digunakan untuk menghitung nilai sebuah barang. Misalnya, harga pulpen adalah Rp15.000,00 dan buku tulis adalah Rp5.000,00. Ini menunjukkan bahwa nilai pulpen tiga kali nilai buku tulis.

b. Fungsi Turunan 

  1. Standar pembayaran yang ditunda (standard of deferred payment). Pada fungsi ini, uang menjadi salah satu cara menghitung pembayaran masa mendatang. Contohnya, gaji pegawai diberikan setelah bekerja sebulan. Contoh lain, utang akan diselesaikan dalam beberapa tahun. 
  2. Alat penyimpan kekayaan. Manusia menyimpan uang untuk kebutuhan masa mendatang atau mengantisipasi pengeluaran yang tidak terduga sebelumnya. 
  3. Alat pengalih nilai/kekayaan. Uang dapat berfungsi mengalihkan nilai. Misalnya, Ibu Linda dipromosikan oleh PT XYZ untuk menduduki jabatan kepala cabang di Makassar. Sebelumnya, Ibu Linda telah memiliki rumah di Jakarta. Ibu Linda berhasrat memindahkan rumah miliknya tersebut ke Makassar. Dia menemukan jalan keluar, yaitu menjual rumah di Jakarta dan membeli rumah di Makassar. Jadi, uang berfungsi sebagai alat pengalih nilai.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Tuliskan fungsi uang dan berikan contoh tiap fungsi tersebut"