Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tuliskan faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi

Tuliskan faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi.

Jawab:

Faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi ini terdiri atas faktor ekonomi dan nonekonomi.

a. Faktor Ekonomi

  1. Tingkat pendapatan. Pada umumnya, semakin tinggi pendapatan seseorang semakin banyak jumlah dan jenis barang yang dikonsumsi.
  2. Tingkat harga barang dan jasa. Semakin tinggi suatu harga barang dan jasa, semakin sedikit jumlah barang dan jasa tersebut yang dikonsumsi. Sebaliknya, semakin murah suatu harga barang dan jasa, semakin banyak jumlah barang dan jasa tersebut yang dikonsumsi.
  3. Ketersediaan barang dan jasa. Ketersediaan barang dan jasa juga memengaruhi konsumsi. Walau uang tersedia, apabila barangnya tidak tersedia, kita tidak bisa mengonsumsi barang tersebut.

b. Faktor Non-ekonomi

  1. Jumlah tanggungan keluarga. Semakin banyak jumlah keluarga atau tanggungan keluarga, semakin banyak pula jumlah dan jenis konsumsi keluarga yang bersangkutan. Sebaiknya, jika jumlah keluarga atau tanggungan keluarga sedikit, akan semakin sedikit jumlah dan jenis barang yang dikonsumsi. 
  2. Tingkat pendidikan. Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, semakin beragam kebutuhan orang tersebut. Misalnya, orang yang berpendidikan perlu membeli dan membaca buku. Sebaliknya, bagi orang yang buta huruf atau tidak berpendidikan, buku bukan merupakan kebutuhan utama. 
  3. Tempat tinggal. Lingkungan tempat tinggal juga memengaruhi konsumsi seseorang. Kebutuhan orang yang tinggal di daerah beriklim dingin akan berbeda dengan orang yang tinggal di daerah beriklim panas. Sebagai contoh, orang yang tinggal di daerah dingin menggunakan pakaian tebal, sedangkan orang yang tinggal di daerah panas menggunakan pakaian tidak tebal. 
  4. Lingkungan sosial, budaya, agama, dan adat istiadat.  Lingkungan sosial, budaya, agama, dan adat istiadat juga memengaruhi konsumsi seseorang. Contoh nyata dalam hal ini dapat dilihat dari segi makanan. Umumnya, orang dari suku Jawa suka makanan yang manis, sedangkan orang dari suku Minang suka makanan pedas. Sementara orang beragama Hindu tidak boleh makan sapi, tetapi orang yang beragama Islam boleh makan sapi.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Tuliskan faktor-faktor yang memengaruhi konsumsi"