Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah satu tokoh yang menyampaikan gagasan tentang dasar Negara Indonesia merdeka adalah Supomo

Salah satu tokoh yang menyampaikan gagasan tentang dasar Negara Indonesia merdeka adalah Supomo. Supomo menyampaikan prinsip musyawarah sebagai salah satu asas dari lima asas dasar negara yang diusulkan. Pernyataan berikut yang tepat terkait prinsip musyawarah menurut Supomo adalah ....

   A. Negara Indonesia merdeka harus ada kerja sama untuk mewujudkan cita-cita bersama.

   B. Negara Indonesia perlu didasarkan pada prinsip musyawarah agar negara tidak dipikul oleh seorang manusia.

   C. Prinsip musyawarah menegaskan hakikat manusia yang selalu hidup dalam sosialitas atau dengan manusia lain dan segala makhluk. 

   D. Negara Indonesia merdeka adalah negara yang menjalin kerja sama dengan negara-negara yang saat itu dikuasai Jepang sebagai satu keluarga besar.

   E. Prinsip musyawarah dimaksudkan agar tercipta kehidupan yang aman dan damai antara pemimpin dan rakyat dalam penyelenggaraan Negara Indonesia.

Pembahasan:

Prinsip musyawarah diusulkan Supomo dengan maksud agar dalam penyelenggaraan Negara Indonesia, ada persatuan antara pemimpin dan rakyat sehingga tercipta kehidupan yang aman dan damai.

Jawaban: E

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Salah satu tokoh yang menyampaikan gagasan tentang dasar Negara Indonesia merdeka adalah Supomo"