Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Burung Cenderawasih "Bird of Paradise" (Burung Surga)

Burung Cenderawasih "Bird of Paradise" (Burung Surga)

Burung cenderawasih merupakan anggota Famili Paradisaeidae dari Ordo Passeriformes. Daerah persebarannya hanya di Papua, Halmahera, dan Australia. Terdapat total 42 spesies, dan 30 spesies di antaranya hidup di Papua. Habitat di hutan-hutan pegunungan yang lebat dengan ketinggian 1400-1800 meter di atas permukaan laut. Burung cenderawasih memakan buah-buahan, serangga, dan laba-laba

Burung cenderawasih memiliki bulu yang halus dan warna yang indah. Masyarakat di Papua sering menggunakan bulunya sebagai hiasan kepala dan pakaian adat. Beberapa abad yang lalu. bulu cenderawasih banyak dijadikan sebagai bahan pembuatan topi wanita di Eropa. Awetan kening burung cenderawasih sering dijadikan pajangan rumah. Perburuan untuk mendapatkan bulu dan penebangan hutan yang berakibat pada kerusakan habitat, menyebabkan penurunan jumlah burung pada beberapa jenis ke tingkat terancam. Jenis burung cenderawasih yang berukuran besar hanya menghasilkan satu telur, sedangkan jenis yang berukuran kecil menghasilkan 2-3 telur.

Dalam upaya perlindungan spesies endemik yang dilindungi undang-undang khususnya burung cenderawasih, Balai Besar KSDA (konservasi sumber daya alam) Papua Barat pada bulan September 2020 melaksanakan kegiatan inventarisasi dan identifikasi populasi burung cenderawasih di kawasan konservasi cagar alam Waigeo Barat. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui jenis burung cenderawasih, lokasi persebaran, serta jumlah populasinya pada cakupan areal survei seluas 425 ha.

1. Berilah tanda centang (✔), pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan.

Tuliskan alasannya.

Pembahasan:

Pernyataan a (salah). Burung cenderawasih yang hidup di kawasan konservasi cagar alam Waigeo Barat diklasifikasikan ke dalam tiga genus berbeda, yaitu Paradisaea, Cicinnurus, dan Manucodia.

Pernyataan b (salah). Burung cenderawasih merah tidak dapat melakukan perkawinan dengan burung cenderawasih botak sebab tidak berada dalam satu spesies yang sama.

Pernyataan c (benar). Burung cenderawasih termasuk ke dalam hewan omnivora karena memakan buah, serangga, dan laba-laba.

Pernyataan d (salah). Burung cenderawasih jarang dipelihara di kebun binatang karena sangat sensitif dengan bau-bau yang menyengat.

Pernyataan e (salah). Burung cenderawasih memiliki kepekaan yang luar biasa terhadap bau asing atau bau yang menyengat.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Burung Cenderawasih "Bird of Paradise" (Burung Surga)"