Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan terkait bahaya merkuri

Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan terkait bahaya merkuri terhadap kehidupan.

Jawab:

Pernyataan a (salah). Jika plankton, zooplankton, lele, dan ikan cere (gupi) membentuk rantai makanan di dalam sungai yang tercemar merkuri, akumulasi Hg tertinggi ditemukan di tubuh ikan lele. Hal tersebut dikarenakan ikan lele menempati trofik tertinggi dalam rantai makanan di sungai tersebut.

Pernyataan b (salah). Pada ibu hamil, penyakit minamata dapat merusak otak janin dan menyebabkan mikrosefalus.

Pernyataan c (benar). Pada kasus di Minamata, kandungan merkuri pada tubuh laki-laki (2,55 mikrogram/gram) lebih tinggi dibandingkan perempuan (1,43 mikrogram/gram).

Pernyataan d (benar). Di antara organisme yang hidup di perairan tercemar merkuri, kandungan Hg dengan kadar terendah ditemukan pada produsen (trofik terendah).

Pernyataan e (salah). Pada kasus di Minamata dan empat daerah sekitarnya, kadar merkuri rata-rata pada tubuh laki-laki sebesar 2,55 mikrogram/gram dan pada perempuan sebesar 1,43 mikrogram/gram.

 ++++++++++++++++++++++++++

Semoga Bermanfaat dan Berkah

Jangan Lupa Belajar Terus

Ingat Cita-Cita, Orang Tua, dan Keluarga

Posting Komentar untuk "Berilah tanda centang (✔) pada kolom Benar atau Salah untuk setiap pernyataan terkait bahaya merkuri"